Kamis, 14 Maret 2013


 Berbagi Pernik





UPK 2013 Elektronika Industri

Di akhir-akhir tahun ajaran seperti ini biasanya siswa-siswi pada tingkatan terakhir mulai disibukan dengan tugas-tugas akhir juga ! hampir setiap bidang  mata pelajaran memberikan tugas terakhir dan bahkan tugas praktek / ujian prak tek ! yang menjadi kriteria kelulusan setiap siswa-siswi. Seperti yang akan di bahas kali ini, mengenai ujian praktek kejuruan akhir bidang Elektronika Industri. Dan yang akan di bahas adalah UPK (Uji Praktek Kejuruan) 2013 Bidang Elektronika Industri SMK N 1 Gunungputri.
Kami hanya di beri waktu sekitar 1 pekan untuk bersiap & berlatih untuk menghadapi UPK. Setiap kurang lebih 18 orang di bimbing oleh 1 orang pembimbing. Kebetulan ketika itu saya mendapatkan bimbingan dari salah satu guru elektro yang mahir
di bidang Program dan Rangkaian. Dia adalah Pak Wahid Nur Basuki alumni JPTE . Setelah nelama 1 pekan bersiap dan berlatih, akhirnya tiba saatnya saya untuk memulai UPK. Ketika itu hari Kamis pagi UPK telah resmi di mulai dengan diawali oleh  pengarahan dari Bapak Ketua Kepala Program bidang Elektronka Indusrtri.
Syukur alhamdulillah ketika semua telah di tentukan mendapat ruang bengkel yang mana, akhirnya tahap awal dimulai dengan sedikit pengarahan lagi dari pengawas/penilai yang disusul oleh pembagian name tag peserta UPK. Setelah semua mengisi daftar hadir panitia membagikan komponen yang di butuhkan beserta Tool set nya. Oh ya, jangan lupa rangkaian yag akan di rangkai dan diuji adalah Program Mikrokontroller Dan Driver Dengan 2 Ouput. Setelah mendapatkan komponen yang di perlukan, maka satu per satu komponen di tata dengan rapih pada PCB yang telah di siapkan sebelum UPK. Setelah semua tata letak di pastikan telah sesuai dengan sebagaimana mestinya maka tahap penyolderan pun dimulai, dengan perlahan dan pasti setiap kaki komponen disolder serapih mungkin untuk menunjang nilai yang di perlukan demi hasil yang maksimum. 


Setelah semua kaki tersolder maka masuk ke tahap pemograman IC Mikrokontroller agar sesuai dengan deskripsi / prinsip kerja rangkaian yang telah di tentukan. Setelah selesai, maka Uploadlah program ke dalam IC, lalu pasang kembali pada socket . dan rangkaian siap di test ! Alhamdulillah semua berhasil walaupun dengan waktu dan kendala yang berbeda-beda, namun tetap semua siwa-siswi tingkat 3 berhasil melalui UPK dengan maksimal.seperti pada sample di bawah ^^





Tidak ada komentar:

Posting Komentar